Indonesian English Chinese(Simplified)
    (tekan F5/refresh web site)

Sekolah Adiwiyata

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju keada cita-cita pembangunan berkelanjutan. ( https://ajengraden.wordpress.com/adiwiyata/pengertian-adiwiyata/)

Sebagai Sekolah Berwawasan Lingkungan Sebagai lembaga pendidikan, SMK Negeri 6 Palembang selalu berkonsentrasi untuk menjaga serta merawat lingkungan. Hal ini dilakukan agar SMK Negeri 6 Palembang menjadi tempat yag kondusif untuk pelaksanaan pendidikan. Komitmen untuk menjaga lingkungan ini mendapat respon yang baik oleh seluruh warga sekolah dan pemerintah.

Pada tahun 2013 SMK Negeri 6 Palembang mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata  yang peduli dan berbudaya lingkungan  dari Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Piagam Perhargaan

Program Adiwiyata adalah : salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Adiwiyata

  • Tujuan Umum : Membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.
  • Tujuan Khusus Mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. .

Prinsip-prinsip Dasar Program Adiwiyata

  1. Partisipatif Komunitas sekolah terlibat dalam manjemen yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran.
  2. Berkelanjutan Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Komponen Adiwiyata

Untuk mencapai tujuan Adiwiyata ada empat komponen program yang merupakan satu kesatuan yang utuh:

  1. Kebijakan Berwawasan.
  2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan.
  3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipasif.
  4. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.

Keuntungan Program Adiwiyata: 

  1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompetensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah .
  2. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
  3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi bejar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif Menjadikan tempat pembelajaran nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan bemar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  4. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan sekolah.