Indonesian English Chinese(Simplified)
    (tekan F5/refresh web site)

Workshop Penyelarasan Kurikulum CATC

Diposting pada: 2019-07-22, oleh : Admin, Kategori: Informasi Sekolah

SMK sebagai salah satu pemasok calon sumber daya manusia di bidang pariwisata perlu mempersiapkan diri. Pengembangan pariwisata merupakan kesempatan emas bagi SMK untuk mengambil peran penting sebagai pemasok sumber daya manusia terampil pada level menengah.

Kurikulum, sarana dan prasarana belajar, guru, dan strategi pembelajaran di SMK harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri pariwisata yang sedang berkembang dengan pesat. Penyesuaian diri dengan kebutuhan sektor pariwisata akan meningkatkan peluang lulusan SMK agar segera direkrut dan bekerja di bidang-bidang pariwisata.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Ketenagakerjaan, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan SEAMEO-SEAMOLEC bekerjasama untuk menerapkan kurikulum standar ASEAN/Common ASEAN Tourism Curriculum (CATC) di SMK yang disusun berdasarkan ASEAN Common Competency Standard on Tourism Professional (ACCSTP).

Penerapan kurikulum di SMK ini bertujuan untuk mempersiapkan sejak dini calon sumber daya manusia kompeten bidang pariwisata yang memiliki standar internasional, sekaligus sebagai modal dalam penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah dicanangkan sejak akhir 2015.

Untuk menerapkan CATC ada 21 SMK dari seluruh indonesia yaitu (1) SMK Negeri 2 Batam (2) SMK Negeri 3 Pematang Siantar (3) SMK Negeri 3 Pangkalpinang (4) SMK Negeri 6 Palembang (5) SMK Negeri 1 Pandeglang (6) SMK Negeri 27 Jakarta (7) SMK Negeri 57 Jakarta (8) SMK Metland Bogor (9) SMK Negeri 9 Bandung (10) SMK Negeri 6 Semarang (11) SMK Negeri 6 Yogyakarta (12) SMK Negeri 1 Buduran (13) SMK Negeri 2 Boyolangu (14) SMK Negeri 3 Malang (15) SMK Negeri 5 Pontianak (16) SMK Negeri 4 Banjarmasin (17) SMK Negeri 3 Kendari (18) SMK Negeri 3 Denpasar (19) SMK Negeri 2 Mataram (18) SMK Sadar Wisata Ruteng (19) SMK Negeri 1 Ternate.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  
masukkan tanpa Http:// contoh :www.namadomain.sch.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini